Jumat, 19 Agustus 2016

ANTARA MODERNISASI DAN BUDAYA BANGSA


ANTARA MODERNISASI DAN BUDAYA BANGSA
Era modernisasi, mungkin kita semua sudah tidak asing dengan sebutan tersebut. Era tersebut telah mengubah semua karakter manusia, termasuk karakter bangsa Indonesia. Indonesia merupakan negeri yang kaya dengan adat dan budayanya telah roboh dengan satu budaya yakni modernisasi. Berasal dari manakah budaya tersebut? Tentunya bukan dari negeri tercinta kita ini. Patut kita sadari bahwa hamper seluruh bangsa Indonesia sudah terbawa arus modernisasi yang sejatinya tidak mendidik dan sedikit manfaatnya.
Pakaian wanita yang dulunya memakai kebaya yang kebawahnya memakai samping dengan dihiasi batik yang menjadi khas dari negeri tercinta kita ini kini telah diganti dengan baju yang ketat bahkan ada yang transparan ditambah dengan kebawahnya memakai rok yang sangat minim (diatas lutut) dengan bahan levis nya. Dulukala saling sapa satu sama lain menjadi budaya yang sangat sering kita jumpai bagaikan semut bertemu dengan semut lain, namun sekarang budaya sapa menyapa telah diganti dengan budaya saling tunduk kepala melihat sebuah alat elektronik yang dinamakan handphone (gadget). Dulukala anak-anak bermain dengan permainan tradisional, seperti main petak umpet, engkrang, main layangan dan lain sebagainya, namun pada saat ini anak-anak enggan melakukan hal tersebut, karena mereka sudah ada penggantinya yakni gadget yang didalamnya berisi permainan yang sejatinya tidak mendidik anak sama sekali.
Pada tiap tahun dilaksanakan acara tujuh belas agustusan yang sering dimeriahkan dengan acara perlombaan. Acara perlombaan ini tak jarang yang menampilkan tradisi atau permainan zaman dahulu seperti engkrang dan lain sebagainya. Dengan diadakannya acara tersebut dapat mengenalkan tradisi kita kepada generasi penerus yang sudah luput akan tradisi sendiri.

Masa telah berganti dan gaya kehidupanpun telah berganti dengan drastisnya, tapi ingat budaya dan tradisi kita jangan sampai terkikis habis oleh pergantian masa tersebut. Bung Karno dan pejuang lainnya telah banyak mewariskan sesuatu yang sangat berguna bagi kita sebagai bangsa Indonesia, salah satunya PANCASILA. Pelajarilah arti makna PANCASILA tersebut dengan baik dan benar maka Insyaallah dengan izin Allah Ta’alaa tujuan bangsa kita ini tercapai dengan baik.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Betul zam akibat cepat meresapnya modernidasi di indonesia mengakibatkan generasi muda dan penerus bangsa melupakan budaya dan etikanya sendiri,,,sungguh sangat di sayangkan

insyaallah berkah mengatakan...

Tepat sekali... oleh sebab itu, yuk mari kita lestarikan budaya kita.. :)